Pengertian dan Strategi Exhibition

event pameran


Pameran (exhibition) merupakan salah satu cara atau media penyebaran informasi, perkenalan sekaligus pemasaran suatu produk, baik bentuk gagasan maupun barang. Dikaitkan dengan kegiatan konvensi, pameran dapat dibedakan menjadi:

Industrial show (pameran industri) adalah kegiatan pameran yang dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan pembuat alat-alat dan produk-produk tertentu untuk menggelar hasil karyanya bagi umum dan perusahaan lain yang berminat untuk membelinya.  Kegiatan pameran ini juga dibarengi dengan seminar dan peragaan untuk menjelaskan teknik, liku-liku serta proses pembuatan produk yang dihasilkan. Pembeli dapat mempergunakan produk tersebut secara langsung atau bila dia pengusaha akan menjadikan produk itu contoh untuk dibikin sendiri dengan modifikasi dan kemudian dijual kembali.

Trade show (pameran dagang) adalah pameran untuk berdagang.
Pembeli datang berkunjung ke pameran ini untuk membeli produk demi kebutuhan sendiri atau diperjualbelikan kembali dalam jumlah yang banyak.

Professional or scientific exhibition (pameran ilmiah atau profesional) adalah pameran yang dikaitkan dengan persidangan kelompok-kelompok profesional, guru, ilmuwan dan mereka yang merupakan pemakai akhir (end users) dari produk atau jasa pelayanan yang digelar dalam pameran tersebut.

Pubic Show adalah pameran atau display yang ditujukan kepada masyarakat umum dan untuk memberikan penjelasan mengenai keberhasilan dari suatu kelompok atau negara dengan maksud menanamkan rasa kebanggaan.

Untuk menghasilkan suatu penyelenggaraan pameran (exhibition) yang baik diperlukan persiapan yang matang.  Secara umum persiapan pameran dilakukan oleh para penyelenggara pameran secara tersusun sedemikian rupa agar memudahkan pelaksnaannya dengan tahap-tahap sebagai berikut:
Ø  Menentukan tujuan diselenggarakannya pameran.
Ø  Menenentukan tema pameran.
Ø  Membuat rencana materi yang akan dipamerkan.
Ø  Mengundang instansi, lembaga, organisasi profesi dan swasta untuk menjadi peserta pameran, berdasarkan rencana yang telah dibuat.
Ø  Mempersiapkan area pameran yang memadai berdasarkan jumlah peserta yang mengikuti pameran.
Ø  Menyiapkan juru penerang yang benar-benar menguasai materi.
Ø Mengumumkan adanya pameran tersebut di tempat-tempat tertentu agar diketahui oleh masyarakat banyak, misalnya dengan penempelan poster, spanduk, atau pemanfaatan media massa lain.
Ø  Mempersiapkan pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan pameran.