Di era digital seperti saat ini, tren marketing terus
berkembang seiring dengan berkembangnya
teknologi yang semakin canggih dengan hadirnya dunia internet. Digital marketing hadir sebagai suatu
inovasi baru dalam dunia marketing. Digital marketing merupakan proses
pemasaran suatu produk atau jasa melalui digital atau internet.
Di Indonesia, digital marketing sudah
sangat berkembang mengingat pengguna internet di Indonesia yang semakin
meningkat. Menurut survey yang dilakukan oleh Asosiasi Pengguna
Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan bahwa penetrasi dan
perilaku pengguna internet di Indonesia yang selalu meningkat 10% tiap tahunnya.
Di tahun 2017, tercatat sebanyak 143,25 juta penduduk telah menggunakan
internet. Tidak heran apabila digital
marketing dapat berkembang secara pesat dalam memasarkan
produknya di Indonesia. Tren digital marketing yang terus berubah
sewaktu waktu, membuat kita harus pintar melihat peluang dalam memanfaatkannya.
Berikut laporan dari GetCraft tentang perkembangan digital marketing di Indonesia saat ini:
Email menjadi platform paling efektif untuk digital
marketing
Menurut data dari Radicati,
kurang lebih terdapat 2,8 miliar orang yang menggunakan email sebagai alat
untuk berkomunikasi secara digital.
Secara marketing, email juga
sangat efektif karena mampu meningkatkan ROI. Dengan masih banyaknya pengguna
email di dunia, email masih dianggap sebagai platform pemasaran yang paling
efektif. Selanjutnya disusul oleh iklan di sosial media, content marketing, dan influencer marketing.
Platform digital memiliki peluang besar
Berdasarkan survey dari GetCraft, bahwa content
marketing, platform mobile dan
pengalaman konsumen adalah tiga kategori paling besar yang masih dapat
dieksplorasi lebih dalam lagi. Bahkan, ketiga hal tersebut sangat mungkin untuk
saling dihubungkan satu sama lain agar memiliki potensi marketing yang tinggi dengan menggunakan
proses integrasi yang tepat.
Dengan berkembangnya perkembangan teknologi, kecepatan internet yang
semakin tinggi, banyaknya tools marketing,
hingga tren yang selalu berubah mengikuti pasar, digital marketing akan menjadi salah satu
metode pemasaran yang paling efektif dan secara bertahap akan menggeser metode
pemasaran lainnya.
Tantangan di digital marketing
Dalam laporannya, bahwa tantangan utama pelaku pemasaran di Indonesia
adalah terbatasnya dana, ketrampilan, serta kurangnya sumber daya. Sedangkan
bagi pengiklan, tantangannya yaitu kurangnya pemahaman tentang tujuan
dari digital marketing. Kurang
lebih 50% pengiklan kurang memahami metode pemasaran yang efektif bagi bisnis
mereka. Akibatnya, sebagian besar konten digital
marketing lebih ditujukan untuk membangun awareness, bukan untuk menghasilkan penjualan
langsung atau direct sales.
Dalam praktiknya, banyak hal yang perlu diperhatikan
agar dapat menerapkan digital marketing yang
efektif untuk meningkatkan profit perusahaan. Digital marketing selalu
mengikuti pasar yang sedang ada. Melihat kondisi seperti sekarang, dalam digital marketing, kita hanya memerlukan
strategi yang dapat relevan dan melihat sejauh mana metode pemasaran dapat berkembang
melalui tools digital marketing yang
ada.