Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Gathering

gathering perusahaan
Gathering BNI'46

Pengertian Gathering

Gathering adalah acara kumpul bersama baik itu ditujukan untuk perusahaan (Employee Gathering) ataupun keluarga (Family Gathering) yang di kemas dalam acara rekreasi, yang di lakukan dalam suasana yang menyenangkan dan disisipkan dengan beberapa bentuk permainan outbound, kemudian di kombinasikan dengan kegiatan program wisata yang bertujuan untuk membangun keakraban antar karyawan ataupun keluarga.
Adapun Kegiatan Family Gathering ataupun Employee Gathering adalah melakukan sebuah kegiatan untuk melakukan atau hadir secara bersama-sama dengan tujuan sebagai proses penyegaran dari rutinitas keseharian yang ada agar bisa sedikit re-fresh dan rileks, serta bisa menumbuhkan rasa kekeluargaan dan persaudaraan yang erat antara perusahaan dengan karyawannya, karyawan dengan karyawannya maupun dengan anggota keluarganya. Biasanya pada kegiatan seperti ini tema hiburan bagi karyawan ataupun keluarganya sangatlah dominan. Contohnya  saja bersama-sama mengunjungi wahana wisata yang berada di sekitar lokasi dengan ditambahkan unsur hiburan musik, artis ataupun permainan yang menyegarkan dan menggembirakan untuk seluruh pesertanya.

Manfaat Dan Tujuan Gathering

Sebenarnya apa saja manfaat dan tujuan gathering / outing untuk sebuah instansi atau perusahaan ? Sebandingkah dengan biaya yang dikeluarkan???
Gathering merupakan program kegiatan kumpul bersama yang ditujukan untuk perusahaan yaitu employee gathering atau family gathering. Kegiatan gathering ini dirangkai dan dikemas dalam bentuk kegiatan seperti game yang dapat sekaligus sebagai kegiatan refreshing. Biasanya perusahaan membuat kegiatan ini setiap tahun sekali atau dua kali tergantung dari kebijakan perusahaan. Untuk kegiatan gathering baisanya dilaksanakan dilokasi yang mudah dijangkau dan dekat namun mampu memberikan efek refresing, sepeti tempat gathering di Puncak Bogor.
Adapun fungsi dan tujuan dari kegiatan gathering bukannya hanya untuk bersenang – senang saja, melainkan memeliki fungsi dan manfaat yang sangat baik dalam keberlangsung efektivitas kegiatan bekerja. Berikut fungsi dan tujuan diadakannya gathering.

1. Sebagai Kegiatan Refreshing
Setiap perusahaan tentunya memiliki tuntutan tinggi disetiap proses kerjanya yang melibatkan karyawan untuk bekerja extra dan lebih demi mencapai suatu tujuan bersama. Tentunya tuntutan ini akan membuat karyawan mengalami tekanan atau stress tinggi. Maka dari itu harus diadakan sebuah kegiatan refreshing seperti gathering paling tidak setahun sekali supaya karyawan dapat merasakan keperdulian perusahaan terhadap mereka.
Karena kegiatan ini merupakan kegiatan sekaligus refershing juga, maka pencarian tempat gathering haruslah tepat agar suasananya tidak membosankan. Anda dapat memilih kawasan Bogor, seperti tempat gathering di Puncak Bogor. Di puncak Anda dapat menemukan banyak sekali hotel maupun resort yang menyediakan tempat gathering dengan fasilitas yang bisa mendukung kegiatan program acara perusahaan Anda.

2. Membangun Team Kerja yang Solid
Dalam sebuah perusahaan biasanya memiliki pembagian team work dengan beberapa divisi. Dan pastinya terkadang sering kali ada ketidak seimbangan diantara kerjama sama team divisi satu dengan team divisi lainnya. Untuk mengembalikan ketidak seimbangan itu, perusahaan dapat melakukan kegiatan gathering untuk mengembalikan ke solidan antara team divisi.

3. Mempererat Hubungan Persaudaraan Antar Karyawan
Tidak cuma antar team divisi saja yang mengalami ketidak harmonisan dalam bekerja, terkadang sering kali juga terjadi dalam internal tim. Masalah dalam sebuah tim biasanya tidak terlihat dalam bentuk konflik, melainkan dapat dilihat dari sikap antar karyawan dengan seperti membuat pengelompokan antar karyawan. Agar hal ini tidak berlarut dan dapat menimbulkan efektifitas yang tidak baik dalam hasil kerja tim, maka dibutuhkan kegiatan gathering yang dapat membangun kembali hubungan persaudaraan tersebut.

4. Mengembalikan Kondisi
Bisa dipastikan, tidak ada perusahaan yang tidak mengalami suatu konflik dan friksi oleh antar karyawan sampai atasan. Dengan adanya kegiatan gathering ini dapat mendinginkan suasana tersebut dan mengembalikan suasan menjadi lebih baik dan seperti semula. Untuk mengembalikan kondisi menjadi lebih baik tentunya diperlukan tempat yang mendukung, Anda dapat mencari tempat gathering dengan suasana yang nyaman seperti tempat gathering di Puncak.

5.Membangun Kebersamaan
Lewat kegiatan gathering perusahaan bisa membangun kebersamaan antar karyawan, apa lagi jika dalam bekerja terbatas oleh sebuah tim dan pengelompokan yang bisa membuat batas dan jarak antar interaksi karyawan karena sibuk dengan pekerjaannya masing – masing. Dengan kegiatan ini dapat menyadarkan karyawan bahwa mereka merupakan team yang berada di satu atap, sehingga dapat bekerja sama kembali dan saling mendukung dan membantu satu sama lain.

6. Membangun Kembali Semangat Bekerja
Melalui program kegiatan gathering ini dapat membangun kembali semangt bekerja para karyawan setelah melakukan kegiatan rangkaian aktivitas gathering. Hal ini telah terbukti, bahwa karyawan yang sudah melakukan kegiatan gathering efektivtas kinerjanya akan membaik.

Gathering bisa dilaksanakan dengan banyak konsep, mau menggunakan indoor atau outdoor. Untuk acara outdoor bisa menggunakan konsep garden party, dengan banyak kelebihan dan kepuasan tersendiri.