Pemerintah,
dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UKM bersama Kementerian Kominfo,
berkomitmen untuk mengonlinekan 8 Juta UMKM sampai tahun 2020. Komitmen ini
menunjukan keberpihakan pemerintah dalam memajukan UMKM sebagai salah satu
tulang punggung perekonomian Indonesia.
Dengan mengikuti
gerakan pengonlinean ini, para UMKM akan mendapatkan peluang untuk distribusi
Kredit Usaha Rakyat (KUR) terbesar dalam 1 x 24 jam, Inkorporasi RKB,
transformasi inklusi finansial, serta kesempatan membuat NPWP serentak untuk
seluruh pelaku UMKM yang akan dionlinekan.
Para
UMKM tersebut juga akan dibimbing mulai dari proses pengonlinean hingga
manajemen dan promosi online. Proses promosi sendiri akan dibantu mulai dari
pemotretan produk, deskripsi produk, harga, lalu juga mendapat domain .id
sekaligus hosting secara gratis. Produk-produk UMKM yang telah terdaftar
tersebut kemudian akan dipromosikan dan ditempatkan di marketplace besar seperti
Tokopedia, Blibli.com, Bukalapak, dsb.
Salah
satu pengusaha UMKM Cokelat Pralin Chocolistic, Marta Dorkas, menuturkan bahwa
ia tertarik meng-onlinekan produknya dengan harapan dapat meningkatkan penjualan
produknya, dikenal lebih luas oleh masyarakat.
“Dalam
arti brandnya akan lebih kuat. Karena kalo ga online orang ga akan kenal produk
kita. Minimal kalau sudah online, seluruh Indonesia bisa tahu produk kita.
Ketik coklat, muncul produk kita,” tutur Marta.
Dalam
kesempatan yang sama, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop
UKM) Anak Agung G.N. Puspayoga menyampaikan bahwa pemerintah dengan upayanya
mendukung UMKM telah melakukan beberapa langkah, seperti pembiayaan
keberpihakan untuk UMKM dengan menurunkan Kredit Usaha Rakyat menjadi 9%, serta
mendirikan Lembaga Pembiayaan Dana Bergulir (LPDB).
“Semoga ini bisa menjadi
trigger UMKM kita untuk meningkatkan daya saing dan produktifitasnya. Semoga
ekonomi digital ini bisa membangun Indonesia sesuai harapan Presiden, untuk
menjadi kekuatan ekonomi digital di Asia,” kata Puspayoga.Anda memiliki usaha rumahan/UMKM?? Mau usahanya lebih dikenal dan memiliki jangkauan market yang lebih luas?? Saatnya usaha Anda dibuatkan sebuah website untuk menunjang promosi dan menaikkan penjualan produk usaha Anda.
Selamat ber-Wirausaha, Sukses selalu untuk pelaku Bisnis UMKM di Indonesia.