Pentingnya Billboard Untuk Branding Company



Dunia bisnis memang memiliki banyak saingan. Kompetitor yang merajai banyak produk seharusnya membuat kita semakin semangat dalam hal pemasaran akan sebuah barang maupun jasa yang ditawarkan. Pesaing adalah motivasi tersendiri dalam melakukan dunia usaha yang selama ini digeluti. Positif thinking dalam berbisnis akan membuat jalan usaha semakin terbuka lebar. Selalu mengedepankan etika bisnis juga dapat mempengaruhi perilaku seseorang dalam berwirausaha. Untuk itu produk harus mendapatkan nilai jual yang baik di mata konsumen.

Namun apakah anda tahu, jika sebuah produk yang baik tapi banyak orang tidak mengetahui produk tersebut, sama saja berakhir dengan sia sia. Ada hal penting dalam kondisi seperti ini yang patut di amati. Diantaranya teknik marketing dan pemasaran sebuah barang dagangan, apakah sudah dilakukan secara maksimal dan apakah sebuah brand akan ter blow up sempurna jika apa yang dilakukan selama ini kurang menjurus pada konsumen yang tertarget?

Billboard adalah bentuk promosi iklan luar ruang (outdoor advertising) dan memiliki ukuran yang cukup besar. Dalam arti yang sebenarnya billboard adalah bentuk poster dengan ukuran yang cukup besar dan diletakkan tinggi di tempat tertentu yang ramai dilalui orang. Billboard termasuk model reklame media luar ruang yang paling banyak digunakan. Perkembangannya pun cukup pesat. Sekarang di jaman era digital ini, billboard pun menggunakan teknologi baru sehingga muncullah istilah yang disebut dengan digital billboard. Ada juga mobile billboard yaitu billboard yang berjalan ke sana ke mari karena di-pasang pada kendaraan yang khususnya mobil (iklan berjalan). Pada perkembangannya Mobile billboard sendiri sekarang sudah ada yang digital mobile billboard.
Papan Billboard juga bisa menjadi media yang potensial mendatangkan calon pembeli dengan memenuhi kriteria awal.
Adapun kriterianya sebagai berikut :
1.    Lokasi Reklame yang Strategis Dengan Jangkauan Luas
2.    Design Mudah Dibaca dan Dipahami
3.    Penggunaan Tata Bahasa Iklan yang Mudah Dicerna
4.    Adanya Kontak Telepon, Email, Alamat maupun Gerai yang dapat Dihubungi
5.    Menarik Perhatian

Marketing Termudah
Marketing merupakan ruh dalam sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan akan mati suri jika divisi pemasaran tidak berfungsi dengan baik. Logikanya bagaimana mungkin seorang pembeli akan dengan sendirinya datang tanpa adanya sebuah pemasaran, ini merupakan hal yang mustahil. Memang, salah satu pemasaran terbaik dan termurah adalah teknik marketing dari mulut ke mulut. Artinya adanya sebuah rekomendasi dari seorang pembeli kepada calon pembeli lainnya.
Namun disadari atau tidak bahwa pemasaran melalui metode rekomendasi akan berjalan ditempat jika pembeli tidak sudi atau tidak terpikirkan untuk merekomendasikannya. Dan biasanya hal ini akan berdampak pada minimnya orang yang akan direkomendasikannya.
Billboard dan papan reklame mengambil peranan besar dalam melakukan marketing ataupun pemasaran produk dengan cepat dan mudah. Cepat berarti banyaknya calon pembeli yang mengetahui apa yang di tawarkan maupun mengenalkan kepada calon pembeli identitas usaha tersebut.

Iklan Produk
Tentunya sudah menjadi keniscayaan bahwa membuat sebuah billboard adalah bertujuan untuk beriklan dan memberitahukan ke konsumen akan barang ataupun jasa yang kita miliki. Pemesanan dan pemajangan iklan barang yang kita miliki pada sebuah papan reklame akan lebih mudah diketahui oleh banyak orang sehingga dapat dengan cepat barang akan laku.

Fungsi dari billboard adalah sebagai berikut:

·    Billboard sebagai media promosi yang letaknya diluar ruang (outdoor advertising)
·    Sebagai pengenal, pengingat, penguat suatu brand.
·    Sebagai penampil informasi dalam sekejap mata, karena sering kali kita hanya melihat sekilas saat melewati billboard.
·    Memberikan penekanan kepada orang yang melihat untuk mengetahui suatu produk
·    Sebagai media informasi yang diperuntukkan masyarakat atau konsumen
·    Memperlihatkan secara langsung atau tidak langsung objek yang akan di promosikan.
·    Media promosi yang paling sering dipakai perusahaan besar
·    Menaikkan penjualan “market”

Ciri-ciri dari billboard adalah
·    Ukuran besar dan tinggi. Bandingan 2:3
·    Warnanya kontras supaya mudah terbaca dan dilihat
·    Huruf dan ilustrasi berukuran besar agar mudah dilihat dan dibaca ketika melewatinya
·    Dipasang di pertigaan atau perempatan jalan
·    Biasanya untuk promosi suatu brand seperti smartphone dan rokok
·    Dapat juga berisikan informasi iklan layanan masyarakat
·    Bahasanya singkat dan jelas serta menarik perhatian
  
Billboard memiliki kelebihan yaitu:
·    Informasinya singkat dan jelas
·    Media komunikasi yang bisa menjangkau daerah lokal
·    Tepat sasaran untuk masyarakat yang melewati di depan billboard, karena langsung bisa membaca informasinya