Dunia bisnis memang memiliki banyak saingan.
Kompetitor yang merajai banyak produk seharusnya membuat kita semakin semangat
dalam hal pemasaran akan sebuah barang maupun jasa yang ditawarkan. Pesaing
adalah motivasi tersendiri dalam melakukan dunia usaha yang selama ini
digeluti. Positif thinking dalam berbisnis akan membuat jalan usaha semakin
terbuka lebar. Selalu mengedepankan etika bisnis juga dapat mempengaruhi
perilaku seseorang dalam berwirausaha. Untuk itu produk harus mendapatkan nilai
jual yang baik di mata konsumen.
Namun apakah anda tahu, jika sebuah produk yang baik
tapi banyak orang tidak mengetahui produk tersebut, sama saja berakhir dengan
sia sia. Ada hal penting dalam kondisi seperti ini yang patut di amati.
Diantaranya teknik marketing dan pemasaran sebuah barang dagangan, apakah sudah
dilakukan secara maksimal dan apakah sebuah brand akan ter blow up sempurna
jika apa yang dilakukan selama ini kurang menjurus pada konsumen yang
tertarget?
Billboard adalah bentuk promosi iklan luar ruang (outdoor
advertising) dan memiliki ukuran yang cukup besar. Dalam arti yang sebenarnya
billboard adalah bentuk poster dengan ukuran yang cukup besar dan diletakkan
tinggi di tempat tertentu yang ramai dilalui orang. Billboard termasuk model
reklame media luar ruang yang paling banyak digunakan. Perkembangannya pun
cukup pesat. Sekarang di jaman era digital ini, billboard pun menggunakan
teknologi baru sehingga muncullah istilah yang disebut dengan digital
billboard. Ada juga mobile billboard yaitu billboard yang berjalan ke sana ke
mari karena di-pasang pada kendaraan yang khususnya mobil (iklan berjalan).
Pada perkembangannya Mobile billboard sendiri sekarang sudah ada yang digital
mobile billboard.
Papan Billboard juga bisa menjadi media yang potensial
mendatangkan calon pembeli dengan memenuhi kriteria awal.
Adapun kriterianya sebagai berikut :
1. Lokasi Reklame yang
Strategis Dengan Jangkauan Luas
2. Design Mudah Dibaca dan
Dipahami
3. Penggunaan Tata Bahasa Iklan
yang Mudah Dicerna
4. Adanya Kontak Telepon,
Email, Alamat maupun Gerai yang dapat Dihubungi
5. Menarik Perhatian
Marketing Termudah
Marketing merupakan ruh dalam sebuah perusahaan.
Sebuah perusahaan akan mati suri jika divisi pemasaran tidak berfungsi dengan baik.
Logikanya bagaimana mungkin seorang pembeli akan dengan sendirinya datang tanpa
adanya sebuah pemasaran, ini merupakan hal yang mustahil. Memang, salah satu
pemasaran terbaik dan termurah adalah teknik marketing dari mulut ke mulut.
Artinya adanya sebuah rekomendasi dari seorang pembeli kepada calon pembeli
lainnya.
Namun disadari atau tidak bahwa pemasaran melalui
metode rekomendasi akan berjalan ditempat jika pembeli tidak sudi atau tidak
terpikirkan untuk merekomendasikannya. Dan biasanya hal ini akan berdampak pada
minimnya orang yang akan direkomendasikannya.
Billboard dan papan reklame mengambil peranan
besar dalam melakukan marketing ataupun pemasaran produk dengan cepat dan
mudah. Cepat berarti banyaknya calon pembeli yang mengetahui apa yang di
tawarkan maupun mengenalkan kepada calon pembeli identitas usaha tersebut.
Iklan Produk
Tentunya sudah menjadi keniscayaan bahwa membuat
sebuah billboard adalah bertujuan untuk beriklan dan memberitahukan ke konsumen
akan barang ataupun jasa yang kita miliki. Pemesanan dan pemajangan iklan
barang yang kita miliki pada sebuah papan reklame akan lebih mudah diketahui
oleh banyak orang sehingga dapat dengan cepat barang akan laku.
Fungsi dari billboard adalah sebagai berikut:
· Billboard sebagai media promosi yang letaknya diluar
ruang (outdoor advertising)
· Sebagai pengenal, pengingat, penguat suatu brand.
· Sebagai penampil informasi dalam sekejap mata, karena
sering kali kita hanya melihat sekilas saat melewati billboard.
· Memberikan penekanan kepada orang yang melihat untuk
mengetahui suatu produk
· Sebagai media informasi yang diperuntukkan masyarakat
atau konsumen
· Memperlihatkan secara langsung atau tidak langsung
objek yang akan di promosikan.
· Media promosi yang paling sering dipakai perusahaan besar
· Menaikkan penjualan “market”
Ciri-ciri dari billboard adalah
·
Ukuran besar
dan tinggi. Bandingan 2:3
·
Warnanya
kontras supaya mudah terbaca dan dilihat
·
Huruf dan
ilustrasi berukuran besar agar mudah dilihat dan dibaca ketika melewatinya
·
Dipasang di pertigaan
atau perempatan jalan
·
Biasanya untuk
promosi suatu brand seperti smartphone dan rokok
·
Dapat juga
berisikan informasi iklan layanan masyarakat
·
Bahasanya
singkat dan jelas serta menarik perhatian
Billboard memiliki kelebihan yaitu:
· Informasinya singkat dan jelas
· Media komunikasi yang bisa menjangkau daerah lokal
· Tepat sasaran untuk masyarakat yang melewati di depan
billboard, karena langsung bisa membaca informasinya