Alasan
Mengapa Bisnis Travel Sangat Menarik
Perkembangan pariwisata di Indonesia saat ini
cukup menarik. Sehingga membuka peluang bagi kita untuk membuka bisnis tour and travel, pemandu wisata (tour guide), hingga rental/sewa mobil.
Akan tetapi, Anda tidak sendirian. Ada banyak
orang yang juga berusaha untuk memanfaatkan peluang ini dengan membuka bisnis
biro perjalanan.
Agar bisa bersaing dan agar lebih cepat
berkembang, Anda membutuhkan cara atau trik jitu yang dapat menarik minat
traveler agar mau menggunakan/menyewa jasa yang Anda tawarkan.
Peluang bisnis travel umroh online. |
Cara
Mengembangkan Bisnis Tour and Travel:
1.
Tentukan target pasar sebelum memulai
Menentukan terlebih dahulu target pasar yang ingin Anda
ekspansi akan memudahkan Anda dalam mengatur rencana dan memilih strategi yang
tepat untuk bersaing. Misal, Anda dapat menargetkan pelanggan yang berasal dari
dalam negeri (Indonesia) khususnya Pulau Jawa atau daerah lainnya di Indonesia
yang memiliki potensi pergi berwisata ke tempat di mana Anda membuka bisnis
tour and travel.
Tidak hanya wisatawan lokal, Anda juga bisa menargetkan
wisatawan asing dari negara tertentu. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan
dalam memfokuskan jasa yang Anda tawarkan sehingga langsung mengarah ke target
pasar yang Anda inginkan.
Target pasar tidak hanya sekedar wilayah (zona), tapi
bisa juga berupa: usia, status sosial, status ekonomi, hingga minat (hobi),
atau instansi /komunitas tertentu.
2.
Team work dan networking (kerja sama &
jaringan)
Apakah bekerja sendiri bisa membuat Anda berhasil? Tentu
saja bisa! Hanya saja, untuk bisa berhasil dengan bekerja sendirian akan
memakan waktu yang sangat lama dan membutuhkan tenaga yang tidak sedikit.
Alih-alih bisa bersaing dan berhasil, kemungkinan
gagalnya justru lebih besar karena pesaing (yang mengandalkan team work)
memiliki kekuatan yang jauh lebih besar dibandingkan kekuatan Anda yang hanya
sendirian.
Untuk bisa sukses di bidang bisnis apapun, melakukannya
secara kolektif dengan membangun tim dan bekerjasama dengan mengembangkan
jaringan, adalah cara terbaik untuk mempercepat perkembangan bisnis biro
perjalanan.
Oleh sebab itu, cobalah untuk merekrut tenaga profesional
atau yang berpengalaman dan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Mulai dari
tour guide, driver/sopir, buat kerjasama dengan penginapan atau hotel, bangun
juga kerja sama dengan tempat penyewaan mobil, dan lain-lain.
3.
Bangun sebuah website profesional yang syarat
informasi
Agar calon pelanggan bisa menemukan bisnis Anda, Anda
harus punya sebuah wadah yang dapat digunakan untuk memperkenalkan bisnis yang
Anda tawarkan.
Dari sekian banyak pilihan, sebuah website travel online profesional
adalah yang paling utama dan paling disarankan. Mengapa?
Setidaknya, ada 5 alasan mengapa website merupakan alat
atau media promosi terbaik yang bisa Anda manfaatkan untuk menggaet pelanggan,
berikut diantaranya.
- Menurut penelitian, 93% penyewaan/pengguna jasa bisnis dimulai dari mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing, hingga Yandex. Jadi, apabila Anda ingin bisnis Anda lebih mudah ditemukan, maka membangun sebuah website yang SEO friendly dan terindex di Google adalah langkah tepat.
- Kepemilikan sebuah website menunjukkan bahwa Anda cukup profesional dan bisa dipercaya.
- Website akan memudahkan customer untuk mengakses berbagai informasi yang mereka butuhkan. Mulai dari alamat, layanan yang Anda tawarkan, foto atau gambar, video, kontak, hingga data-data lain yang mereka butuhkan.
- Website merupakan media promosi dengan biaya yang sangat rendah
- Web dapat digunakan sebagai media pemasaran secara global
Seperti poin pertama yang telah kami ungkapkan di bagian
atas, untuk membangun sebuah website Anda harus memiliki perencanaan yang
matang dan target pasar yang jelas sehingga, website tersebut dapat dirancang
dan didesain serta diarahkan dengan tepat.
Di luar sana, ada ratusan bahkan ribuan website yang
mungkin menawarkan hal yang sama dengan apa yang yang Anda tawarkan. Agar bisa
bersaing, Anda perlu menempatkan website di halaman pertama Google Search.
Karena mesin pencarian Google merupakan salah satu mesin pencarian yang paling
banyak digunakan di dunia.
Mengapa harus di halaman pertama Google?
Menurut penelitian, lebih dari 90 persen orang yang
mencari informasi melalui Google hanya membuka halaman pertama. Dan, jarang
sekali mereka mau mencari informasi di halaman kedua, ketiga, dan seterusnya.
Itu artinya, Anda harus berusaha menempatkan website di
halaman pertama Google. Bagaimana caranya?
Website harus SEO friendly.
Artinya, website harus berisi informasi atau konten (artikel) yang relevan,
ringan (saat diakses), berisi gambar atau video, mobile friendly, serta berisi
keywords yang relevan.
Harus user friendly.
Sebuah website yang mudah untuk dipahami dengan navigasi yang jelas akan
memudahkan pengguna dalam mengetahui dimana mereka harus menemukan informasi yang
dibutuhkan. Untuk itu, sebuah website harus didesain dan dirancang sebaik
mungkin. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan jasa pembuat website
profesional seperti yang kami tawarkan.
Update content secara teratur.
Konten atau artikel yang SEO friendly berfungsi sebagai senjata utama untuk
meningkatkan rating di Google Search. Tanpa konten, website Anda tidak akan
bisa bersaing di mesin pencarian karena melalui artikel kita bisa memasukkan
berbagai informasi. Termasuk, pilihan keywords yang relevan, dapat dikenali
oleh Google, dan sering dicari oleh calon customer.
Harus terkenal.
Berbagai website yang Anda lihat di halaman pertama Google, selain menyajikan
informasi yang relevan dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan, juga umumnya
adalah website yang terkenal. Untuk membuat sebuah website menjadi terkenal,
salah satu cara paling instant adalah dengan membeli backlink. Dukungan link
yang mengarah langsung ke website atau konten artikel pada website adalah salah
satu indikator web terkenal. Semakin banyak backlink yang Anda peroleh, maka
Google akan menganggap bahwa website Anda adalah salah satu web yang populer
sehingga, layak ditempatkan di halaman pertama mesin pencarian mereka.
Beriklan di Google Ads.
Cara instan lainnya untuk menempatkan website Anda di halaman pertama mesin
pencarian Google adalah dengan beriklan di Google melalui Google Ads. Cara ini
tetap perlu Anda lakukan jika ingin web langsung berada di top
page. Walau demikian, cara ini tidak efektif dalam jangka panjang
karena membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Disamping itu, jika Anda berhenti
berlangganan, maka website Anda akan tereliminasi dari halaman pertama.
Terlebih, jika tidak didukung konten yang SEO friendly atau beberapa hal seperti
yang telah kami sebutkan pada point sebelumnya.
4.
Tambahkan Tempat/ bisnis Anda di Google Maps
Agar mereka yang ingin menggunakan jasa Anda dapat dengan
mudah menemukan dimana kantor atau bisnis Anda berada, maka Anda harus
mendaftarkan alamat kantor/bisnis di Google Maps. Mengapa?
Google Maps merupakan salah satu media yang paling banyak
digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia untuk mencari tempat/lokasi/alamat,
bisnis, kantor, atau jasa.
Agar lebih mudah ditemukan, pastikan Anda menggunakan nama
yang jelas (akan lebih baik jika mengandung kata kunci yang relevan), lengkapi
informasi yang dibutuhkan seperti jam operasional, foto/gambar, nomor telepon,
serta website.
Untuk menaikkan popularitas bisnis Anda di Google Maps,
maka Anda perlu melakukan beberapa trik yang dapat membuat Google memunculkan
alamat bisnis Anda ketika seseorang mencari dengan kata kunci yang relevan.
Salah satunya adalah dengan memperbanyak share dan review (positif) dari para
pelanggan yang pernah menggunakan jasa yang Anda tawarkan.
5.
Maksimalkan media sosial
Media sosial merupakan alat marketing gratis yang
memiliki peranan sangat besar dalam membantu mensukseskan bisnis yang kita
geluti.
Beberapa jenis media sosial yang paling banyak digunakan
diantaranya adalah: Facebook, Twitter, Linked in, WhatsApp, Instagram, Google Plus, Pinterest, dan lain-lain.
Selain aktif melakukan promosi melalui sosial media, Anda
juga perlu mencantumkan alamat website yang telah Anda bangun di setiap akun
sosial media yang Anda miliki. Tujuannya adalah, agar calon pelanggan yang
tertarik menggunakan jasa tour and travel yang Anda tawarkan bisa langsung
mengakses informasi lebih lengkap melalui website yang Anda sematkan.
6.
Buat akun Youtube untuk upload video atau
vlog
Saat ini, YouTube merupakan situs web berbagi video yang
paling banyak diakses oleh netizen dan traveler di seluruh dunia.
Oleh karena itu, memiliki akun YouTube yang bisa digunakan untuk berbagi video
menarik atau bisa juga digunakan sebagai media untuk ngevlog, adalah salah satu
cara yang bisa Anda coba untuk mempromosikan jasa travel.
Akun YouTube yang Anda miliki juga bisa dihubungkan
dengan website yang telah Anda bangun. Atau sebaliknya, video yang Anda upload
di YouTube bisa juga di publikasikan di website atau artikel yang Anda publish.
Termasuk, bisa juga dibagikan (share) ke semua akun sosial media yang Anda
miliki agar lebih mudah diakses.
Disamping bisa dimanfaatkan untuk media promosi, YouTube
juga bisa di maksimalkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan
mengaktifkan iklan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang yang berlaku.
7.
Bisnis yang Anda tawarkan harus punya nilai
lebih
Jika bisnis yang Anda tawarkan sama persis dengan apa
yang ditawarkan oleh pesaing, tentu Anda akan kesulitan untuk mendapatkan
pelanggan. Apalagi, jika usia bisnis Anda masih sangat muda.
Agar bisa menarik minat, Anda perlu menerapkan strategi
khusus atau dengan menawarkan berbagai kelebihan yang tidak ditawarkan oleh
pesaing. Misal, Anda bisa menawarkan harga yang lebih ramah kantong dan masuk
akal, menawarkan itinerary wisata yang lebih menarik, gratis tour guide, atau
promo (2 gratis 1), hingga pelayanan yang lebih memuaskan.
8.
Kelola ulasan online dan perhatikan review
negatif
Review yang ditinggalkan oleh pengguna jasa di website
Anda, melalui DM, komentar blog/web, atau review di Google Maps perlu mendapatkan
perhatian. Khususnya, review negatif. Mengapa?
Keluhan dari pelanggan merupakan kritik sekaligus masukan
yang harus Anda pelajari dan pertimbangkan. Berbagai kritik dari para pelanggan
harus menjadi bahan masukan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik atau
untuk meningkatkan profesionalitas bisnis yang Anda geluti. Sehingga, pelanggan
baru akan mendapatkan dan merasakan kepuasan yang lebih baik dari layanan yang
Anda tawarkan.
9.
Quick respon dan selalu tersedia (always
available)
Setiap ada pertanyaan, atau setiap kali calon pelanggan
menghubungi Anda, cobalah untuk memberikan jawaban (balasan) secepat dan
seinformatif mungkin. Dengan begitu, calon pelanggan akan merasa lebih yakin
untuk menggunakan jasa tour & travel yang tawarkan.
10. Promosi
tidak harus bersifat pasif
Yang saya maksudkan dengan promo pasif adalah promo-promo
yang ditawarkan melalui website atau berbagai akun sosial media yang Anda
miliki. Promo-promo seperti ini umumnya bersifat menunggu untuk ditemukan.
Jika Anda menginginkan promosi yang lebih efektif, Anda
juga perlu melakukan promo aktif dengan menawarkan langsung promo tersebut
kepada pelanggan yang pernah menggunakan jasa Anda. Misal melalui email, DM,
atau japri Whatsapp.
Jika ternyata promo yang Anda tawarkan tidak dibutuhkan
oleh mereka yang Anda tawari, bisa saja informasi (promo) tersebut akan
diteruskan ke saudara/keluarga, teman, atau mungkin komunitas mereka. Sehingga,
promo yang Anda tawarkan berpeluang lebih besar mencapai target yang Anda harapkan.
Sekian tips mengembangkan bisnis travel online dari kami, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca maupun pelaku bisnis/usaha travel online.
Bagi Anda yang masih bingung dalam mencari ide usaha, kami menawarkan Bisnis/Usaha dengan modal minim dan akan selalu eksis sampai kapanpun.
Silahkan Lihat produk usaha yang kami tawarkan dengan klik link dibawah ini: